Tuesday, 13 April 2021

Vaksinasi Dimulai, Ekonomi Pulih

Studio iNews, 14 Januari 2021

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai. Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan sejumlah tokoh publik telah menerima suntikan vaksin Covid-19 Sinovac hari ini (13/1). Suntikan vaksin segera diberikan juga kepada tenaga kesehatan dan kelompok prioritas lainnya. Dengan dimulainya vaksinasi maka tujuan terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity dapat segera tercapai.

Tahun 2021 harus menjadi waktu pemulihan  ekonomi Indonesia yang kini jatuh dalam jurang resesi. Menkeu Sri Mulyani Indrawati meyakini pertumbuhan ekonomi tahun ini mulai menunjukkan angka positif. Salah satu faktornya adalah proses vaksinasi yang mulai berjalan. Ekonomi Indonesia pada Maret-April 2021 diproyeksikan tumbuh dalam rentang antara 4,5%-5,5%. Begitu pula pada Mei-Juni 2021, ekonomi diprediksi bertahan di level 4,5%-5,5%. Hal ini menguatkan opini bahwa vaksin Covid-19 menjadi game changer bagi pemulihan ekonomi nasional.

Optimisme juga disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia melihat kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah mampu melewati rock bottom pada kuartal kedua tahun 2020 (-5,32%). Sementara pada kuartal ketiga (Q3) trennya sudah menunjukkan positif (-3,49%).

“Diperkirakan sampai akhir tahun pertumbuhan ekonomi kita minus 2,2 hingga minus 0,9. Namun kita melihat bahwa di Januari ini atau sepanjang tahun 2021 ini APBN kita didesain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi APBN 2021 di 5 persen,” kata Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai proyeksi ekonomi Indonesia dalam zona positif, dimana ekonomi mulai mengalami rebound pada semester kedua 2020. IMF memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,8% pada 2021 dan 6% pada tahun 2022. Proyeksi tersebut ditopang oleh dukungan kebijakan yang kuat, termasuk rencana distribusi vaksin Covid-19 serta membaiknya kondisi ekonomi dan keuangan global.

Pandemi Covid-19 juga membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan dimulai dari konsumsi rumah tangga, pariwisata, hingga bisnis model industri. Kebiasaan baru di masa pandemi melahirkan kultur baru yang lebih adaptif dengan teknologi dalam ekonomi industri baik dalam skala makro maupun mikro.

Seperti apa pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021? Dan bagaimana strategi perubahan para pelaku usaha menyambut pemulihan ekonomi?

iNews menghadirkan program baru talkshow ekonomi dan bisnis “The Indonesia Economic Club”, dipandu oleh jurnalis senior Apreyvita Wulansari & pakar ekonomi bisnis Rhenald Kasali.

Pada episode perdana besok, “The Indonesia Economic Club” menghadirkan beberapa  narasumber, yakni  Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Ketua Bidang Tenaga Kerja dan Hubungan Industri KADIN Anton J. Supit, Sekretaris Eksekutif 1 KPC PEN Raden Pardede, Pelaku Pariwisata Perry Tristianto dan CEO Kalbe Farma Vidjongtius.

Saksikan selengkapnya “The Indonesia Economic Club” episode perdana Kamis, 14 Januari 2021 pukul 20.30 WIB secara secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO