Thursday, 05 August 2021

Tolak Vaksin Tidak Dapat Bansos

Studio iNews, 15 Februari 2021

Pemerintah terus berupaya menekan laju persebaran Covid-19. Hampir satu tahun setelah Covid-19 masuk Indonesia, pemerintah tengah memasuki fase vaksinasi. Selain tenaga kesahatan dan unsur lainnya yang terlibat langsung dalam penangaman Covid-19, vaksin juga ditujukan untuk masyarakat.

Berbagai fatwa dan dalilpun dikeluarkan agar masyarakat percaya atas upaya pemerintah melawan Covid-19 melalui vaksin. Yang terbaru, Presiden Joko Widodo meneken Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin serta Vaksinasi Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan, Kurniasih Mufidayati merespons Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 tahun 2021 yang memuat ketentuan warga yang menolak divaksin tidak mendapatkan bantuan sosial (bansos).

Mufida mengingatkan kesepakatan itu dibuat saat rapat kerja dan rapat dengar pendapat Komisi IX dengan Menteri Kesehatan pada 14 Januari 2021 lalu. Daat itu disepakati tidak mengedepankan ketentuan peraturan denda dan atau pidana untuk menerima vaksinasi Covid-19.

"Kami ingatkan pemerintah hasil rapat kerja komisi antara DPR dan pemerintah sesuai UUMD3 Pasal 98 ayat 6 menyebut kesimpulan rapat kerja antara DPR dan pemerintah bersifat mengikat dan wajib dilaksanakan oleh pemerintah. Keluarnya perpres soal sanksi vaksinasi mencederai kesimpulan Rapat Kerja ini," kata Mufida dalam keterangannya yang diterima pada Senin, 15 Februari 2021.

Dialog sanksi bagi penolak vaksin sore ini akan dipandu Anisha Dasuki dan Fandi Hasib. Dan informasi lain yang juga akan hadir di iNews Sore adalah aksi koboi jalanan yang menodongkan senjata mainan ke korbannya. Tersangka kesal lantaran korban saat membawa motor nyaris menyenggol mobil miliknya. Tak terima dengan cara korban berkendara, tersangka pun meminta korban turun dan menodongkan senjata. Aksi koboi jalanan tersebut kini dalam penyelidikan Polres Jakbar.

Saksikan selengkapnya dalam iNews Sore pukul 15.45 wib secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO