Tuesday, 03 August 2021

Titik Terang Kotak Hitam

Studio iNews, 11 Januari 2021

Titik Terang Kotak Hitam

Tim Sar gabungan, hari ini, fokus mencari black box atau kotak hitam, pesawat Sriwijaya Air SJ182, yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pencarian mengerahkan 53 kapal, yang tersebar di sejumlah titik di peraiaran Kepulauan Seribu.

Lokasi black box pesawat yang jatuh diantara Pulau Laki dan Pulau Lancang, sudah ditemukan, dan berada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut. Siang ini Tim Sar gabungan, akan berusaha mengangkat black box itu, untuk selanjutnya akan diinvestigasi, mencari penyebab jatuhnya pesawat, rute Jakarta - Pontianak.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan tim pencarian telah mendapatkan sinyal dari black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Tim pencarian saat ini telah menandai lokasi tempat black box mengeluarkan sinyal.

"Dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang sudah bisa di-marking," kata Hadi di Posko SAR Terpadu Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

Selain pencarian kotak hitam pesawat Sriwijaya Air, di hari yang sama Pemprov DKI Jakarta hari ini mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperketat. Pengetatan PSBB, berlaku hingga 25 Januari mendatang, terkait kembali tingginya kasus positif Covid-19. Pengetatan PSBB dilakukan, mulai dari aspek jumlah orang yang bekerja di kantor, jam operasional restoran dan pusat perbelanjaan, hingga jam operasional transportasi umum.

Sementara itu, pasca longsor yang terjadi di Sumedang, Jawa barat, pemerintah berencana merelokasi warga, yang tinggal di sekitar lokasi longsor. Rencana tersebut menunggu hasil kajian dari instansi terkait, apakah daerah tersebut layak untuk hunian. Pemerintah Kabupaten Sumedang sementara akan menghentikan pemberian ijin pembangunan perumahan di lokasi yang memiliki kemiringan tertentu, menghindari kejadian serupa akan terulang.

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang Senin, 11 Januari 2021 pukul 11.00 Wib secara langsung hanya di televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.
FOTO