Monday, 19 April 2021

Temuan Baru Tes Cepat Covid-19

Studio iNews, 28 Desember 2020

Libur akhir tahun masih menjadi momok menakutkan, yang ditandai dengan peningkatan jumlah pasien konfirmasi positif. Apalagi di saat liburan ini pemerintah meningkatkan tes masif lewat kewajiban tes rapid antigen. Peningkatan jumlah tes ini menjadi hal penting dalam membaca tingkat penularan. Salah satu hambatan kecepatan testing adalah biaya yang belum terjangkau.

Kehadiran alat deteksi Covid-19 Genose hasil pengembangan para peneliti UGM ini memiliki kemampuan mendeteksi virus corona baru dalam tubuh manusia dalam waktu cepat. Tidak kurang dari 2 menit hasil tes sudah dapat diketahui apakah positif atau negatif Covid-19.
Selain cepat melakukan deteksi dan memiliki akurasi tinggi, penggunaan alat ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tes usap PCR.  GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas melalui embusan nafas ke dalam kantong khusus. Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence).

Penemuan anak bangsa ini akan menjadi tema utama iNews Siang yang akan dipandu Wilson Purba dan Stefani Patricia. Masih terkait Covid-19, penambahan ICU di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet akan kami hadirkan.

Selain soal Covid-19, perkembangan kasus penembakan Laskar FPI akan diumumkan Komnas HAM. Kasus ini sempat menyita perhatian publik, karena melinbatkan tokoh FPI, Rizieq Shihab yang sudah menjadi  tersangka kasus kerumunan.

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang hari ini pukul 11.00 WIB bersama host Wilson Purba dan Stefani Patricia secara langsung hanya di televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.
FOTO