Saturday, 16 January 2021

Tak Merata, Warga Miskin Belum Terima Bansos

Studio iNews, 08 Januari 2021

Tiga keluarga miskin yang tinggal dalam satu rumah di Dukuh Tempursari, RT 008/RW 003 Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen , Jawa Tengah belum menerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Padahal rumah itu dihuni dua janda tua, dan satu pria lumpuh bersama istrinya yang pengangguran. Miris, bantuan tak kunjung datang.

Rumah tersebut dihuni 3 kepala keluarga (KK) sekaligus yakni Siam (70), janda tanpa anak; Ngadiyem (69) janda yang ditinggal pergi suaminya; serta pasangan suami istri, Dwi Yuliana (47) dan Sugito (47) yang mengalami stroke sehingga tidak bisa bekerja.

Siam menyampaikan selama ini belum pernah mendapat bantuan apapun. Mereka bertahan dari himpitan ekonomi dengan berjualan tempe goreng. Dia mengaku kadang menitikkan air mata ketika ada tetangga yang mendapat bantuan, sedangkan dirinya tidak. "Belum pernah ada bantuan kesini, di rumah ini tinggal 4 orang dengan 3 KK," ujar Siam, Kamis (7/1).

Sementara Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen Nunuk Sri Rejeki saat dihubungi menyampaikan agar keluarga yang bersangkutan untuk datang ke kantor UPTPK Sragen. Tentu membawa KTP, KK, surat keterangan tidak mampu dan diagnosa sakit dari puskesmas. "Nanti disampaikan ke petugas UPTPK, setelah itu biar di survei," jelasnya.

Sementara itu, hari ini Gisella Anastasia hadir di Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus video asusila. Akankah gisel ditahan hari ini ?

Di penghujung akhir pekan, iNews Siang juga akan mengajak pemirsa berkenalan dengan keluarga unik, yang semua anggota keluarganya dengan embel2 “dot com”.

Saksikan selangkapnya dalam iNews Siang Jumat, 8 Januari 2021 pukul 11.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO