Friday, 25 June 2021

Senjakala Hipermarket, Saksikan Selengkapnya The Indonesia Economic Club Malam Ini Pukul 21.00 WIB

Studio iNews, 03 Juni 2021

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, berbagai sektor industri terpukul hebat, perusahaan melakukan  efisiensi, PHK pekerja, terburuk hingga berhenti operasional. Industri ritel misalnya, satu demi satu berpamitan dan menutup gerai.

Ramayana, Matahari Department Store, Centro, Kinokuniya, Gramedia, dan Golden Truly telah lebih dulu berpamitan dan menutup gerai di sejumlah lokasi. Terbaru, Giant memberikan pengumuman akan menutup semua gerainya di Indonesia pada akhir Juli 2021. Kabar pamitnya Giant dari industri ritel tanah air tentu menjadi lara bagi para pekerja. Jakwan adalah pekerja PT Hero Supermarket Tbk sejak tahun 1995. Selama 25 tahun bekerja di PT Hero Supermaket, Jakwan merasa perusahaan selalu memberikan yang terbaik bagi para pekerja, hingga pandemi tiba dan mengubah semuanya, termasuk harus kehilangan pekerjaan.

Wakil Ketua Umum Aprindo yang juga Public Affairs PT Matahari Putra Prima menjelaskan sudah 1.200 ritel tutup di Indonesia selama pandemi Covid-19. Selain itu indistri ritel dituntut untuk lebih cepat bergerak menuju market digital yang lebih luas.

Sementara, pengamat industri ritel Yongky Susilo menjelaskan, bisnis ritel di Indonesia saat ini masih sebatas multi channel belum sepenuhnya mengarah pada omni channel. Hal itu sangat berpengaruh di tengah situasi krisis saat ini.

The Indonesia Economic Club akan membahas “Senjakala Hipermarket” malam ini (Kamis, 3 Juni 2021) pukul 21.00 WIB dipandu host Apreyvita Dyah Wulansari dan Prof. Rhenald Kasali hanya di stasiun televisi iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO