Wednesday, 28 July 2021

Satu Desa Kembar Berjamaah

Studio iNews, 25 Februari 2021

Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memiliki keunikan yang mungkin tidak ada di tempat lain. Pasalnya, di desa itu memiliki puluhan warga kembar, mulai anak-anak hingga orang tua. Desa Jonggrangan sepintas sama seperti desa lainnya di Indonesia. Namun siapa sangka, desa yang terletak di pinggir pusat Kota Klaten tersebut memiliki 23 pasang warga yang kembar. Mereka merupakan kembar identik dari berbagai usia. Mulai balita, remaja dan orang tua.

Selain itu, mereka juga memiliki ikatan batin yang kuat. Ketika salah satu ada yang sakit, maka kembarannya juga sering merasakan sakit yang sama. Untuk antisipasi salah orang, beberapa di antaranya sengaja memberikan ciri khas untuk membedakan dengan kembarannya. Seperti menyemir rambut hingga memakai topi yang khas.

“Selama ini, kami tidak kesulitan dalam pencatatan dokumen kependudukan meskipun banyak warga yang kembar,” kata Sunarno, Kepala Desa Jonggrangan.

Sementara itu, lokasi penambangan emas longsor di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Diduga puluhan warga tertimbun saat tengah mendulang emas di  bekas galian alat berat. 10 jenazah berhasil dievakuasi, sementara puluhan lainnya masih terus dicari.

Bersama Wilson Purba dan Bernadheta Ginting saksikan selengkapnya dalam iNews Siang pukul 11.00 wib secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
FOTO