Wednesday, 28 July 2021

Pertarungan 4 Pasangan Calon di Pilkada Makassar

MNC Conference Hall Lt. 3 iNews Tower, 24 November 2020

Pertarungan 4 Pasangan Calon di Pilkada Makassar

Kota Makassar sebagai salah satu dari lima kota besar di Indonesia menghadapi berbagai persoalan sejalan dengan perkembangan kota yang sangat pesat disebabkan oleh dinamika kependudukan, di antaranya perubahan sosial ekonomi dan urbanisasi. Kota padat penduduk ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan, industri, pendidikan dan sosial di Provinsi Sulawesi Selatan

Berbagai persoalan dan kondisi pandemi tidak membuat warga Kota Makassar mengurangi semangat untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi tahun ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar debat pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020 putaran kedua, pada Selasa (24/11/20), yang akan disiarkan secara langsung di televisi iNews pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WITA. Karena berlangsung di era pandemi, debat ini akan menerapkan protokol kesehatan pencegaan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan pembatasan jumlah orang dalam studio.

Sebelumnya debat publik putaran pertama pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar pilkada 2020 sukses dilaksanakan pada Sabtu, 7 November 2020 malam.

Debat putaran kedua ini bertemakan “Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Penataan Kawasan Perkotaan dan Ekonomi’. Dipandu presenter RCTI, Nawayogi Kusuma, debat terbagi menjadi 6 segmen yang diisi dengan pemaparan visi-misi masing-masing paslon dan debat terbuka antar-pasangan.

Debat diikuti empat pasangan calon, nomor urut 1, Moh. Ramdhan Pomanto - Fatmawati Rusdi; nomor urut 2, Munafri Arifuddin - Abd. Rahman Bando; nomor urut 3 Syamsu Rizal - Fadli Ananda; dan paslon nomor urut 4, Irman Yasin Limpo - Andi Moh. Zunnun Nurdin Halid.

Beberapa akademisi turut hadir menjadi tim pemateri yaitu Prof. Dr. H. Syamsul Ridjal, M.Si. (Direktur Pasca Sarjana STIEM Bongaya), Prof. Dr. Ir. S. Trisutomo, M.S. (Guru Besar Departemen Perencanaan Wilayah Kota Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin), Prof. Dr. HM. Syahrir Mallongi, S.E., M.Si. (Guru Besar FEB UMI dan Ketua Pengawas Yayasan Wakaf UMI), Dadang Trisasongko, S.H. (Sekjen Transparency International Indonesia 2013 - Maret 2020 & Ketua Dewan Etik ICW 2020 - 2024) dan Abdul Madjid Sallatu.

Momentum pilkada akan menentukan masa depan kota memiliki julukan kota Anging Mamiri tersebut. Komisioner KPU Makassar berharap, debat yang disiarkan iNews bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemilik suara, sebelum menjatuhkan pilihan di tanggal 9 Desember 2020.

Saksikan keseruan debat publik pilkada Kota Makassar Selasa, 24 November 2020 pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WITA secara langsung hanya di iNews dan juga bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.
FOTO