Saturday, 05 December 2020

Melawan Ancaman Krisis di Ternate

MNC Conference Hall Lt. 3 iNews Tower, 19 November 2020

Beragam persoalan mendera Kota Ternate, Maluku Utara, yang harus diselesaikan Walikota 2021-2024. Krisis air bersih dan ancaman bencana menghantui warga kota besar di pulau kecil tersebut.

Pilkada serentak 9 Desember nanti akan memilih nakhoda baru Kota Ternate. Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kota Ternate menggelar debat pilkada 2020 putaran kedua, pada Kamis (19/11/20), yang akan disiarkan secara langsung di televisi iNews pukul 14.00 WIB. Karena berlangsung di era pandemi, debat ini akan menerapkan protokol kesehatan pencegaan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan pembatasan jumlah orang dalam studio.

Sebelumnya debat publik putaran pertama pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate pilkada 2020 sukses diselenggarakan di Hotel Sahid, Kelurahan Jati, Kecamatan Ternate Tengah pada Selasa (27/10).

Debat putaran kedua ini bertemakan “penyelesaian persoalan Kota Ternate melalui harmonisasi pembangunan pusat dan daerah”. Dipandu presenter RCTI, Ledi Marina, debat terbagi menjadi 6 segmen yang diisi dengan pemaparan visi-misi masing-masing paslon dan debat terbuka antar-pasangan.

Beberapa akademisi turut hadir menjadi tim pemateri yaitu Prof. Dr. Syaiful Deni, S.Ag., M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara) dan Prof. Dr. Husen Alting, S.H., M.H. (Rektor Universitas Khairun Ternate).

Debat diikuti empat pasangan calon, pasangan nomor urut satu Merlisa – Juhdi Taslim, nomor urut 2 M. Tauhid Soleman – Jasri Usman, nomor urut 3 M. Hasan Bay – Asghar Saleh, dan pasangan nomor urut 4 Yamin Tawari – Abdul Tahir.

Momentum pilkada akan menentukan masa depan Kota di bawah kaki gunung Gamalama tersebut. Komisioner KPU Ternate berharap, debat yang disiarkan iNews akan menjadi acuan bagi pemilih menentukan siapa pemimpin yang membawa mereka keluar dari beragam krisis.

Untuk mencairkan suasana, debat terbuka putaran kedua pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate dimeriahkan juga oleh kehadiran artis yang lahir dari ajang Indonesian Idol, Novia.

Saksikan keseruan debat publik putaran kedua pilkada Kota Ternate Kamis, 19 November 2020 pukul 14.00 secara langsung hanya di iNews.
FOTO