Sunday, 24 January 2021

Krisis Tempe

Studio iNews, 03 Januari 2021

Saat ini harga kedelai sampai Rp 9.200 - Rp 10.000/Kg, bahkan ada yang lebih dari Rp 10.000/Kg. Padahal biasanya harga normal di angka Rp. 6.500 - Rp 7.000 per Kg. Akibat kenaikan harga kedelai, pengusaha tempe di Jakarta dan Jawa Barat mogok produksi. Akibatnya tempe langka di pasaran. Tingginya harga kedelai terjadi karena kedelai masih harus diimpor.

Para perajin  tempe dan tahu yang tergabung dalam Gakoptindo akan mogok produksi pada 1-3 Januari 2021. Aksi ini dilakukan untuk menyikapi harga kedelai yang terus naik dan berdampak kepada harga jual produksi tempe dan tahu.

Ketua Umum Gabungan Koperasi Tempe dan Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengatakan, harga kedelai impor sudah naik hampir 50% dalam beberapa bulan terakhir. Awslnya tidak ada keinginan mogok produksi tetapi karena kedelai semakin susah diperoleh di pasaran sehingga mereka memutuskan  mogok.

Kenaikan harga kedelai dan mogok produksi dari para perajin tempe ini akan menjadi laporan iNews Siang hari ini.

Selain itu iNews Siang akan hadirkan laporan langsung arus balik liburan Natal dan Tahun Baru dari bandara, terminal dan stasiun di ibu kota.

Terkait Covid-19 akan hadir dialog dengan tenaga kesehatan yang sudah menerima SMS konfirmasi penerima vaksin.

Saksikan selangkapnya dalam iNews Siang Minggu, 3 Januari 2021 pukul 11.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO