Tuesday, 03 August 2021

Kapolri Pilihan Jokowi

Studio iNews, 13 Januari 2021

Presiden Joko Widodo menyerahkan nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yaitu Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Idham Azis yang bakal pensiun pada 1 Februari 2021.

"Presiden Jokowi menyampaikan calon tunggal Bapak Doktorandus Listyo Sigit Prabowo Msi yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Komjen Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Jabatan itu ia emban sejak Desember 2019, menggantikan Jenderal Idham Azis yang diangkat menjadi Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian.

Nampaknya Komjen Listyo akan melenggang bebas, mengingat peta politik DPR dikuasi partai pendukung Presiden.

Kursi Kapolri memang empuk tapi jadi beban Komjen Listyo. Bukan apa-apa, saat ini sebagian publik masih menanti langkahnnya sebagai kabareskrim menguak tragedi penembakan laskar FPI di KM 50 tol Cikampek, setelah komnas HAM menyimpulkan ada pembunuhan melewati batas penegakan hukum oleh polisi dalam peristiwa itu.

Belum lagi soal stigma yang melekat di kepolisian, dianggap tebang pilih penegakan hukum. Pendukung pemerintah dielus, kelompok oposisi dilibas.

Lalu Bagaimana dengan senior-seniornya di kepolisian menerima keputusan Presiden?

Simak ulasannya di program iNews Room bersama Host Latief Siregar hari ini mulai pukul 18:00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO