Thursday, 05 August 2021

Jenazah Covid-19 Kian Sulit Dimakamkan

Studio iNews, 28 Januari 2021

Lahan pemakanan jenazah Covid di sejumlah daerah kian sulit. Lebih menyedihkan, di Bandung Jawa Barat, di salah satu pemakaman, keluarga harus menggotong sendiri peti jenazah lantaran tukang bopong peti jenazah mogok. Mereka bukan petugas resmi tempat pemakaman umum, melainkan warga sekitar.

Jasa mereka begitu dibutuhkan keluarga korban corona, mengingat jarak dari mobil ambulance ke liang lahat relatif jauh, 300 hingga 500 meter.  Medan menuju liang lahat berlumpur, bukan perkara mudah mengangkat peti jenazah dengan berat di atas 50 hingga 100kg.

Tapi, beberapa hari terakhir tukang bopong jenazah mogok karena keki dengan pernyataan Wali Kota Bandung. Mereka dianggap mengolah untung dari keluarga yang sedang berduka. Akibatnya, itu tadi, keluarga dan petugas harus membopong sendiri jenazah Covid-19, dengan resiko tertular. Solusi sejauh ini masih mengawang.

Tema ini akan menjadi salah satu sajian di iNews Room hari ini, bersama tema soal aktifis sosial media, Permadi Arya alias Abu Janda, yang dilaporkan ke polisi karena dugaan postingan berbau rasis terhadap mantan aktifis HAM, Natalius Pigai.

Saksikan selengkapnya dalam iNews Room Kamis, 28 Januari 2021 pukul 18. 00 Wib bersama host Abraham Silaban secara langsung hanya di televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO