Tuesday, 13 April 2021

Gaduh Risma Blusukan

Studio iNews, 06 Januari 2021

Setelah dilantik jadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini menghentak publik. Ia blusukan mulai dari lingkungan kumuh seperti kolong jembatan, sampai kawasan elit tempat gedung megah berdiri.

Tapi Risma menuai badai, karena blusukannya hanya di DKI Jakarta. Banyak yang keberatan, karena sejatinya, Mensos harus mengurus se-antero nusantara. Latar belakang Risma, politisi PDI Perjuangan, melahirkan spekulasi, langkah kakinya saat blusukan sarat manuver politik. Ia dianggap sedang memainkan strategi, demi maju jadi calon Gubernur DKI.

Karena isunya jadi politik, Risma juga panen dukungan, terutama dari kalangan yang kurang sreg dengan gaya Gubernur DKI saat ini, Anies Baswedan, memimpin Jakarta.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membela Tri Rismaharini yang aktif blusukan di DKI Jakarta setelah dilantik menjadi Menteri Sosial. Menurut Hasto, Risma melakukan blusukan bukan hanya di Jakarta tetapi juga di daerah lain. Akhir tahun lalu, ujar dia, Risma sempat berkunjung ke Ponorogo, Jawa Timur, untuk bertemu penyandang disabilitas.

"Apa yang dilakukan Bu Risma justru menunjukkan beginilah sosok pemimpin yang terus bergerak dan berdedikasi bagi kepentingan rakyat itu, karena rakyat sebagai sumber legitimasi dan legalitas dari kepemimpinan itu," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Januari 2021.

Gaduh Blusukan Risma, tak kalah menarik perhatian publik, dengan artis Bunga Citra Lestari, yang swab test temannya sendiri, tanpa bantuan tenaga medis. Banyak ahli menganggap swab test tanpa bantuan tenaga medis berbahaya.

Isu-isu ini akan diangkat di iNews Room episode Rabu, 6 Januari 2021, bersama Host Latief Siregar secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO