Saturday, 06 March 2021

Duka Di Bumi Manakara

Studio iNews, 15 Januari 2021

Gempa 6,2 skala richter mengguncang Sulawesi Barat. Rumah sakit dan kantor gubernur Sulawesi Barat luluh lantak sementara ratusan rumah warga rusak. Proses evakuasi warga yang tertimbun reruntuhan gedung Rumah Sakit Mitra Mamuju masih berlangsung, petugas mengerahkan alat-alat berat untuk mempercepat evakuasi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat di Mamuju dan sekitar wilayah Majene untuk mewaspadai gempa susulan sekaligus menjauhi area pantai.

Dia mengatakan gempa yang terjadi di sekitar wilayah Majene termasuk gempa dangkal dengan pusat kedalaman 10 kilometer dari permukaan. Sejak Kamis (14/01) hingga Jumat (15/01), BMKG sudah mencatat 28 kali gempa susulan.

"Masih ada potensi gempa susulan berikutnya yang masih kuat. Bisa mencapai kekuatan seperti yang tadi terjadi [magnitudo] 6,2 atau sedikit lebih tinggi lagi. Itu karena kondisi batuan sudah digoncang dua kali [magnitude terkuat 5,9 dan 6,2], bahkan 28 kali, sudah rapuh.”

Informasi seputar gempa menjadi berita utama iNews Sore edisi hari ini. Proses evakuasi dan kondisi terkini dari lokasi gempa akan kami siarkan secara langsung di program iNews Sore.

Selain gempa bumi, iNews Sore juga melaporkan bencana longsor di Sumedang yang telah menelan belasan korban jiwa dan bencana banjir di beberapa daerah sepertai Jember, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Banyak warga terjebak banjir dan membutuhkan uluran tangan demi meringankan beban mereka.

Ramai isu vaksinasi Covid-19 tidak luput dari perhatian iNews Sore, plus kontroversi yang mengiringinya. Sejumlah pejabat dan nakes telah divaksinasi, bagaiamana kelanjutannya? Perlukah sertifikat vaksin? akan dikupas tuntas dalam iNews Sore yang
Sementara itu, Advokat David Tobing menggugat Raffi Ahmad ke Pengadilan Negeri Depok. David menilai, RA melanggar protokol kesehatan hanya beberapa jam setelah menerima vaksin Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo. Raffi dan beberapa pesohor diketahui  menghadiri pesta ulang tahun pengusaha Gelael Ricardo di rumah pembalap Sean Gelael tanpa mengenakan masker dan menjaga jarak.

Dari dunia kriminal masih ada saja siasat licik dukun pengganda uang mengelabui warga di Yogyakarta. Sang dukun kini meringkuk di tahanan.

Saksikan selangkapnya dalam “iNews Sore” Kamis, 15 Januari 2021 pukul 15.45 WIB dipandu oleh Anisha Dasuki dan Stefani Patricia secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO