Sunday, 24 January 2021

Ditikam Akibat Dendam

Studio iNews, 08 Januari 2021

Seorang purnawirawan TNI, tewas ditikam tiga pemuda di sebuah kafe di Jalan Sumatera, Belawan II, Medan, Sumatra utara. Korban tewas dengan dua luka akibat tusukan dibagian dada. Diduga penikaman itu sudah direncanakan, karena korban dijemput dari rumahnya oleh pelaku. Penikaman itu dilatarbelakangi dendam, yang sudah berlangsung lama.

Latar belakang pembunuhan akibat dendam juga terjadi di Sidoarjo, Jawa timur. Seorang pensiunan polisi, tewas setelah dipukul balok kayu oleh keponakannya. Sebelum pembunuhan itu terjadi, korban sempat bertengkar dengan pelaku. Korban menuduh pelaku yang tinggal di dekat rumahnya, mencuri. Tuduhan ini membuat pelaku tersinggung, dan merencakan pembunuhan. Pelaku sempat melarikan diri usai membunuh pamannya itu.

Dendam juga memicu tindakan nekad dua pedagang kaki lima di kawasan Tanahabang, Jakarta Pusat. Seorang preman pasar tewas ditusuk PKL dengan menggunakan badik di dekat Pos Karang Taruna, kawasan Petamburan. Pelaku dendam terhadap korban, karena seringkali meminta uang Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu, saat mereka berjualan. Sementara pelaku sulit mencari uang ditengah pandemi corona seperti yang terjadi saat ini.

Motif pembunuhan yang dilatarbelakangi dendam semakin banyak ditemukan. Pembunuhan lebih banyak terjadi karena masalah interpersonal atau masalah antar pribadi. Faktor ekonomi mengakibatkan seseorang menjadi mudah tertekan hingga akhirnya melakukan aksi kriminal. Hasil sejumlah penelitian menunjukkan, tidak ada pembunuhan yang dilakukan oleh orang asing, kecuali pelaku mengalami permasalaham mental.

Dendam yang memicu aksi penikaman, akan hadir dalam Realita Jumat, 8 Januari 2021 pukul 15.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO