Saturday, 06 March 2021

Debby Sahertian & Elmandsipasi : Dosen dan Mahasiswa Bahasa Gaul

Studio iNews, 19 Januari 2021

Siapa yang tidak kenal Debby Sahertian? Pembawa acara sekaligus pemeran Lenong Rumpi yang secara khusus menerbitkan Kamus Bahasa Gaul yang dicetak pertama kali pada tahun 1999.

Awal mulanya, Debby Sahertian merasa tertarik dengan cara komunikasi dan bahasa yang digunakan komunitas waria (transpuan) yang bekerja di sebuah salon. Dari ketertarikannya tersebut, Debby Sahertian kemudian melakukan observasi kepada komunitas waria yang bekerja di salon dan mall untuk mengumpulkan kosakata.

Debby Sahertian telah menerbitkan tiga seri buku Kamus Bahasa Gaul. Seri ketiga buku tersebut memiliki kosakata terbanyak, mencapai hingga 2000 kosakata! Buku Debby Sahertian bahkan memasuki sebelas kali cetak dalam kurun waktu empat tahun sejak penerbitan pertamanya.

Kosakata dalam buku Kamus Bahasa Gaul tersebut akhirnya menjadi tren di kalangan selebriti hingga kalangan anak muda perkotaan sampai saat ini. Sebut saja selebgram kocak Elmand belakangan menjadi perbincangan hangat warganet karena fasih menggunakan 'bahasa gawl' di media sosial.

Sudah kenal dengan beberapa selebritas, Elmand kerap membuat konten-konten berbahasa gaul baik di medsos atau sedang menjadi narasumber di program TV. Guru Bahasa Inggris di English First (EF) ini juga kerap menggunakan bahasa Inggris dalam konten bahasa gaulnya.Elmand ternyata merupakan lulusan Hage University of Applied Sciences (De Haagse Hogeschool).

Beberapa akhir-akhir ini Debby dan Elmand sering membagikan video kolaborasi bahasa gaul dalam aplikasi Tik Tok keduanya. Kolaborasi apik mereka disebut netizen sebagai dosen dan mahasiswa gaul.

Mereka berdua akan hadir dan ngobrol-ngobrol dengan bahasa gaul mereka dalam Call Me Mel malam ini pukul 20.30 WIB dipandu oleh Melaney Ricardo dan Ichsan Akbar secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO