Tuesday, 13 April 2021

Debat Ketiga Pilwalkot Makassar, Empat Paslon Siap Adu Program

MNC Conference Hall (MCH) lantai 3 iNews Tower, 04 Desember 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar secara resmi menetapkan debat ketiga pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar digelar di Jakarta. Keputusan ini berubah dari rencana sebelumnya, yang mengagendakan debat ketiga di Kota Makassar pada 4 Desember besok.

Makassar  jauh dari Jakarta. Tetapi proses mencari pemimpin lokal di kota Anging Mamiri tersebut, selalu berasa seperti pertarungan politik nasional.

Termasuk pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 9 Desember mendatang. Ada empat pasangan calon yang akan berlaga dengan membawa nama tokoh politik. Sebutlah Munafri Arifuddin, yang merupakan kerabat Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla. Lalu Irman Yasin Limpo, adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Selain Munafri dan Irman, ada Mohammad Ramdan Pomanto, Wali Kota Makassar 2013-2018 dan Syamsu Rizal, Wakil Wali Kota 2013-2018.

Sebelumnya debat publik putaran pertama pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar pilkada 2020 sukses dilaksanakan pada Sabtu, 7 November. Selanjutnya debat publik putaran kedua sukses dilaksanakan pada Selasa, 24 November lalu.

Keempat pasangan calon yakni : Moh. Ramdhan Pomanto – Fatmawati Rusdi, Munafri Arifuddin – Abd. Rahman bando, Syamsu Rizal – Fadli Ananda, dan Irman Yasin Limpo – Andi M. Zunnun Nurdin Halid akan beradu program dalam debat tersebut.

KPU Kota Makasar menyiapkan materi debat dengan tema “Kebijakan Covid-19, Komitmen Penangangan Penanggulangan Narkoba, Perlindungan Terhadap Anak, Perempuan dan Disabilitas serta Penanggulangan Kemiskinan, Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”.
 
Ketua KPU Makassar M. Faridl Wajdi menyatakan, dalam penyusunan materi, pihaknya menunjuk tim penyusun materi debat yang melibatkan akademisi, pengamat dan tokoh masyarakat sebagai panelis. KPU berharap debat menjadi ajang jualan program untuk memudahkan pemilih menentukan siapa pemimpin Kota Makassar 2021-2024.
 
Debat lanjutan ini akan dipandu oleh presenter Desvita Bionda dan disiarkan secara langsung secara nasional oleh iNews, pukul 08:30 WIB dan pukul 09:30 WITA.

Saksikan keseruan debat publik ketiga pilkada Kota Makassar Jumat, 4 Desember 2020 pukul 08:30 WIB dan pukul 09:30 WITA secara langsung hanya di iNews dan juga bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.
FOTO