Friday, 25 June 2021

Data Pribadi Bocor, Siapa Tanggung Jawab. Simak Selengkapnya di iNews Room Jumat Pukul 18.00 WIB

Studio iNews, 21 Mei 2021

Mungkin data anda termasuk yang sudah terjual ke publik. Karena diduga 279 juta data pribadi warga Indonesia bocor ke pasar gelap.

Sebuah akun menawarkan file berisi satu juta data pribadi yang mereka ambil dari situs milik institusi resmi. Ada yang menyebut data itu dirampas dari server BPJS Kesehatan. Tetapi BPJS Kesehatan menyebut sedang menelusuri, dan berdalih jumlah peserta saat ini saja baru 224 juta.

Memang tidak ada data sensitif disana, misal rekening tabungan atau nomor kartu perbankan yang bisa merugikan secara ekonomi. Tetapi bisa saja dilakukan untuk kejahatan, atau minimal menimbulkan gangguan seperti ditelepon berulang kali untuk penawaran produk.

Selain soal kebocoran data pribadi, program iNews Room yang tayang malam ini, Jumat (21/05) pukul 18.00 WIB, juga akan menghadirkan kondisi terkini di jalur Gaza pascagencatan senjata. Setelah pertempuran berdarah selama 11 hari, Israel dan Hamas sepakat menghentikan serangan.

Masalah penyebaran Corona yang meningkat akibat kegiatan lebaran juga akan hadir di acara yang diampu jurnalis senior Latief Siregar ini. Di Cilangkap, Jakarta Timur, puluhan warga terpapar karena menghadiri halal bil halal. Sebelumnya klaster wilayah juga muncul di Bogor, karena kegiatan sahur bersama di akhir Ramadan lalu.

Jangan sampai ketingalan. Selalu perbarui informasi Anda yang disiarkan langsung dari ruang redaksi “iNews Room” pukul 18.00 WIB stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program ini juga bisa disaksikan melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO