Wednesday, 28 July 2021

Belanja Dinar Dan Dirham Di Depok

Studio iNews, 31 Januari 2021

Warga digegerkan dengan toko di pasar muamalah Depok yang bertransaksi menggunakan dinar, dirham serta metode barter. Sempat dituding melanggar, ternyata mekanisme jual beli sesuai ajaran Rasulullah Muhammad SAW ini mengandung misi sosial termasuk zakat.

Komunitas pedagang di pasar tersebut selalu bersedekah kepada warga sekitar dengan memberikan dinar ataupun dirham. Kemudian uang tersebut akan dibelanjakan di Pasar Muamalah yang digelar tiap dua pekan sekali di hari Minggu.

Warga penerima sedekah dapat membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur dan lainnya. “Iya dirham (sedekah). Kalau sekarang tidak banyak (yang menerima) karena jumlahnya kan dibatasi, paling 40. Kalau dulu sampai 100 juga,” kata Anto, salah satu pedagang, Jumat (29/1/2021).

Tiap satu orang penerima sedekah akan mendapatkan satu dirham. Donasi tersebut didapat dari hasil zakat para muzakki. Muzakki adalah orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nisab dan haul. Lalu seperti apa praktik transaksi di pasar muamalah?

Selain itu iNews Siang akan menghadirkan kiprah pensiunan PNS TNI yang mengabdikan diri sebagai pengayuh becak pustaka di usianya yang makin senja. Keprihatinan pada minat baca generasi muda menjadi pendorong upayanya.

iNews Siang juga akan hadirkan sorotan tentang upaya pemprov DKI Jakarta mengantisipasi banjir. Akankah upaya pemprov efektif dan solutif?

Saksikan iNews Siang bersama Loviana Dian dan Fandi Hasib hari ini (Miggu, 31/1/2021) pukul 11.00 Wib secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO