Monday, 19 April 2021

Banjir Bandang di Bumi Flobamora, Saksikan Selengkapnya di iNews Room Selasa Pukul 18.00 WIB

Studio iNews, 06 April 2021

Banjir bandang menerjang di hampir seluruh daerah Nusa Tenggara Timur. Melansir data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal akibat bencana banjir bandang di sejumlah daerah mencapai 86 orang, 146 orang luka-luka dan 98 jiwa dinyatakan hilang.

Kemudian, sebanyak 2.019 kepala keluarga atau 8.424 warga mengungsi, serta 1.083 KK atau 2.683 warga lainnya terdampak.

BNPB juga mencatat banjir yang diakibatkan siklon tropis Seroja ini sudah menggenangi 11 kabupaten dan 1 kota di bumi flobamora yang merupakan provinsi kepulauan.

"Pemerintah daerah terus memutakhirkan data dari kaji cepat di lapangan. Warga yang mengungsi tersebar di lima kabupaten di wilayah Provinsi NTT," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, dalam keterangan resminya, Selasa (6/4/2021).

Mitigasi bencana merupakan hal yang terpenting untuk meminimalisir jumlah korban dan dampak yang ditimbulkan akibat bencana. Pada hampir setiap bencana yang menimpa, pemerintah--baik pemerintah pusat maupun daerah--terlihat gagap dalam penanganannya. Alhasil, banyaknya jumlah korban jiwa akibat bencana menjadi tak terelakkan.

Bagaimana seharusnya pemerintah--terutama pemerintah daerah--menanganinya dengan baik?

iNews Room episode Selasa (06/04) akan membahasnya bersama Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dan Jonatan Lassa, Ahli Mitigasi Bencana dari Darwin University yang juga merupakan putra daerah Bumi Flobamora.

Selain itu, iNews Room yang dipandu jurnalis senior Latief Siregar juga akan memperbarui informasi dengan kasus eksibisionis di Kelapa Gading, Jakarta dan pemakaman ulama kharismatik Tangerang Abuya KH Uci Thurtusi yang dipenuhi jemaah.

Jangan lupa perbarui informasi Anda dengan perbincangan komprehensif di iNews Room pukul 18.0 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Anda yang memiliki mobilitas dan tidak sempat menyimak di depan layar kaca, dapat mengikuti program ini melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
FOTO