Saturday, 06 March 2021

25 Relawan Vaksin Positif Covid-19

Studio iNews, 19 Januari 2021

Tim Uji Klinis Vaksin Sinovac mengumumkan bahwa 25 orang relawan uji klinis vaksin Sinovac yang telah menjalani dua kali penyuntikan vaksin terkonfirmasi positif COVID-19 .

Menanggapi kabar tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan pembelaan. Sebagai bagian relawan uji klinis vaksin Sinovac, Ridwan Kamil menegaskan bahwa kabar tersebut jangan disimpulkan sebagai kegagalan uji klinis vaksin Sinovac.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan, relawan uji klinis vaksin Sinovac terbagi dua, yakni yang disuntik vaksin Sinovac dan placebo atau obat kosong yang tidak mengandung zat aktif dan tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap kesehatan.

"Nah, mungkin saja karena placebo kan artinya dia cairan netral yang tidak mempengaruhi, maka mungkin saja kelompok yang positif itu kelompok yang tidak disuntik vaksin, tapi placebo," ujar Ridwan Kamil seusai Rapat Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Jabar di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).

Sebelumnya diberitakan, Ketua Tim Uji Klinis Vaksin Sinovac, Kusnandi Rusmil menyebutkan, sebanyak 25 orang relawan uji klinis vaksin Sinovac terpapar COVID-19. Namun, para relawan itu dalam kondisi bergejala ringan level 1 atau orang tanpa gejala (OTG).

Selain itu iNews Siang akan menyoroti apa yang harus dilakukan penerima vaksin usia mendapatkan vaksinasi. Benarkah seusai vaksin mereka masih mungkin terpapar Covid-19?

iNews Siang masih akan menyoroti upaya tanggap darurat pasca bencana yang melanda Indonesia hari ini pukul 11.00 wib secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
FOTO